Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Angelus saat Kanonisasi dan Hari Evangelisasi Sedunia

Bagaimana Menjadi Penginjil


Paus Benediktus XVI mempercayakan para misionaris - pria dan wanita, imam, biarawan/wati dan kaum awam - yang telah menaburkan benih Injil di berbagai belahan dunia, setelah merayakan Misa di lapangan Santo Petrus untuk kanonisasi tujuh orang kudus baru pada hari Minggu 21 Oktober. Sebelum memulai doa Angelus ini Paus juga menyinggung mengenai Lourdes yang setelah hujan deras terkena banjir luapan dari sungai Gave de Pau. Berikut ini adalah terjemahan refleksi Paus yang beliau mulai dalam bahasa Italia dan kemudian di sampaikannya dalam berbagai bahasa

 

Saudara-saudari terkasih,

Sebelum kita menutup perayaan ini marilah kita berdoa kepada Perawan Maria, dia yang adalah Ratu semua orang kudus, dengan perhatian khusus bagi Lourdes, yang terkena banjir parah dari sungai Gave, yang juga telah membanjiri Gua Penampakan Bunda Maria. Secara khusus pada hari ini marilah kita mempercayakan ke dalam perlindungan keibuan Perawan Maria, para misionaris - pria dan wanita, para imam, biarawan/wati dan kaum awam - yang telah menaburkan benih Injil di seluruh dunia. Marilah kita juga berdoa bagi Sinode para Uskup yang dalam pekan-pekan ini akan membahas tantangan evangelisasi baru untuk mewariskan iman Kristiani.

 

Dalam bahasa Prancis:

Dengan hangat saya menyapa para peziarah berbahasa Perancis, khususnya bagi delegasi resmi dari Kanada, Madagaskar dan Prancis yang datang ke Roma untuk kanonisasi Romo Jaques Berthieu dan Kateri Tekakwitha. Semoga teladan dari para kudus baru ini menyemangati kalian untuk menanggapi cinta Kristus bagimu dan untuk memberikan kesaksian bagi mereka yang ada di sekitarmu! Semoga karena doa-doa mereka ada banyak orang muda yang menanggapi panggilan Tuhan untuk menghayati dan mewartakan Injil! Seraya mempercayakan Gereja di negeri-negerimu ke dalam perlindungan mereka, saya juga memberkati kalian dan keluarga kalian dengan sepenuh hati! Semoga peziarahan kalian berlangsung dengan baik!

 

Dalam bahasa Inggris:

Dalam kesempatan kanonisasi yang membahagiakan pada hari ini, saya menyapa delegasi resmi dan semua peziarah serta pengunjung berbahasa Inggris, terutama mereka yang berasal dari Filipina, Kanada dan Amerika Serikat. Semoga kekudusan dan kesaksian dari para kudus bari ini mengilhami kita untuk semakin mendekat kepada Putra Allah, yang karena cinta-Nya yang begitu besar, telah datang untuk melayani dan menyerahkan hidup-Nya demi keselamatan kita. Tuhan memberkati kalian semua!

 

Dalam bahasa Jerman:

Dengan hangat saya mengucapkan "Grüss Gott" kepada semua hadirin berbahasa Jerman, khususnya bagi delegasi resmi dari Bayern (Bavaria) dan kepada banyak peziarah dari Keuskupan Regensburg. Memandang kepada hati Allah adalah hal yang dipelajari oleh St. Anna Schäffer dalam “sekolah penderitaan”-nya. Oleh karena itu dia dapat mengetahui bahwa cinta Allah membawa penghiburan, yang bahkan menjadi lebih besar lagi saat penghiburan itu dibagikan kepada sesame. Semoga para kudus bari ini menguatkan kita dan menolong kita melalui teladan dan doa syafaat mereka, sehingga dengan iman kita juga dapat menjadi saksi dan utusan Injil.

 

Dalam bahasa Spanyol:

Dengan hangat saya menyapa para peziarah berbahasa Spanyol, dan secara khusus kepada delegasi resmi dari Spanyol bersama semua gembala dan umat beriman yang hadir di sini untuk kanonisasi Muder Carmen Sallés y Barangueras. Dari surga, ia terus mendesak kita, secara khusus para puterinya, para Suster Misionaris Konsepsionis untuk Pendidikan, supaya kita menyambut dan merenungkan sabda Allah dengan setia dalam hati, dan menerjemahkannya ke dalam perbuatan dengan semangat pelayanan, kepercayaan dan kerendahan hati, menurut teladan Perawan Maria yang tak bernoda. Semoga karena bantuan doa orang kudus baru ini semakin meningkatlah jumlah orang yang dengan berani memberikan kesaksian serta mewartakan Injil Yesus Kristus, terutama diantara kaum muda. Semoga hari Minggu kalian menyenangkan!

 

Dalam bahasa Polandia:

Dengan hangat saya menyapa warga Polandia. Hari ini para kudus baru menemani kita memasuki Pekan Misi. Dengan cara yang khusus marilah kita membantu, baik secara rohani maupun secara materi, mereka yang mewartakan Kristus di berbagai benua. Saya berterima kasih secara khusus kepada mereka yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada karya misi di seluruh dunia melalui Serikat Misi Kepausan. Semoa Tahun Iman ini menyalakan kembali semangat misionaris baik di kalangan klerus maupun umat beriman awam! Dengan hangat saya memberkati kalian semua.

 

Dalam bahasa Italia:

Saya menyampaikan salam hangat saya kepada delegasi resmi Italia dan kepada semua peziarah yang datang untuk merayakan kanonisasi Giovanni Battista Piamarta, dan secara khusus saya menyapa para anggota Institut yang didirikannya. Semoga kalian semua selalu menggabungkan doa yang mendalam dengan pelayanan kepada sesama seperti yang telah ia lakukan dulu.

 

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting