Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Senin, 2 April 2024

Hari Selasa Dalam Oktaf Paskah

Kis 2:36-41, Mzm 33:4-5.18-20.22, Yoh 20:11-18

 

Makna Perjumpaan dengan yesus

 Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku.. (Yoh 20:17)

     Kisah perjumpaan antara Yesus yang bangkit dengan Maria Magdalena, merupakan sebuah kisah yang mengharukan. Demi cinta yang besar akan Yesus,  Maria berani datang ke kubur-Nya pagi-pagi buta. Yesus membalas cinta Maria dengan menampakkan Diri kepadanya. Tampaknya kisah ini akan lebih indah lagi, jika setelah menampakkan diri, Yesus memeluk dan menghibur Maria yang sedang menangis karena kehilangan-Nya. Namun kenyataan-nya, Yesus malahan berkata kepada Maria “Janganlah engkau memegang Aku” dan “pergilah kepada saudara-saudara-Ku ...” Dari pihak Maria, pasti ia masih ingin tinggal diam bersama Yesus yang bangkit namun dari pihak Yesus sebaliknya, kali ini Ia tidak meminta Maria diam bersama-Nya melainkan memberikan misi yang penting untuknya yakni pergi dan mewartakan kebangkitan-Nya. Yesus tidak mau Maria berhenti pada perasaan-perasaan, tetapi fokus pada misinya.

   Perjumpaan dengan Yesus juga bisa kita alami, misalnya pada saat kita sedang berdoa, membaca Alkitab, dll. Perjumpaan ini terkadang membuat kita merasa terharu, menangis, dll. Janganlah kita berhenti di perasaan atau pengalaman yang indah itu, tetapi carilah misi atau kehendak Yesus bagi hidup kita melalui perjumpaan itu. 

Sr. M. Diana P.Karm

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting