User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hari Biasa Pekan XXXIV, Sabtu, 30 November 2019

Pesta S. Andreas, Rasul

Rm 10:9-18, Mzm 19:2-5, Mat 4:18-22

Gambar terkait

Penjala Ikan menjadi Penjala Manusia

“Yesus berkata kepada mereka: ‘Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.’Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia’” (Mat 4:19-20)

Ada beberapa murid Yesus yang semula memiliki profesi sebagai nelayan sebelum mereka mengikuti Dia. Mereka adalah Petrus, Andreas, Filipus, Yakobus, Yohanes, Tomas, dan Natanael (lih. Mat 4:18.21; Yoh 1:44; 21:2).

Mereka beralih profesi dari seorang penjala ikan menjadi penjala manusia. Sikap dan sifat dari seorang penjala ikan itu perlu kita miliki untuk hidup dalam panggilan Yesus, antara lain:

  1. Sabar: Hidup dalam panggilan Yesus bukan hal yang instant, namun penuh pengharapan. Bagaikan seorang pemancing atau nelayan sabar menunggu untuk men-dapatkan ikannya.
  2. Berjuang dan pantang menyerah: Hidup dalam panggilan Yesus adalah menuruti kehendak dan rencana-Nya. Hidup dalam penyelenggaraan ilahi-Nya dengan selalu bersyukur kepada-Nya. Ingatlah, kisah Petrus yang se-panjang malam bekerja keras, namun tidak mendapatkan apa-apa.
  3. Berani dan tekun: Hidup dalam panggilan Yesus ada suka dan duka. Kita harus berani dan tekun menghadapi badai kehidupan.

Sadarilah, Yesus memanggil kita melalui profesi dan pekerjaan kita, supaya kita mau dipakai menjadi alat kecil di tangan-Nya.

Sr. M. Sesilia L.,P.Karm

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting