User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hari Biasa Pekan I Prapaskah, Senin, 2 Maret 2020

Im 19:1-2.11-18, Mzm 19:8-10.15, Mat 25:31-46

Image result for Yesus = Sesama Kita yang Menderita

Yesus = Sesama Kita yang Menderita

“Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (Mat 25:40)

Dalam hidup sehari-hari ada banyak kesempatan untuk melakukan tindakan-tindakan kasih k-pada sesama: memberi makan kepada orang lapar, minum kepada orang haus, pakaian kepada orang telanjang, mengunjungi orang sakit, orang yang dipenjara, dll. Bukankah mereka ada di sekitar kita? Kalau tidak, tentu Tuhan tidak akan mengharapkan kita untuk melakukannya. Bila kita mau membuka mata batin kita, tentu kita akan melihatnya. Namun sayangnya kita sering menganggap bahwa hal itu bukan tugas kita. Sebagai bapak keluarga tugas kita adalah bekerja untuk mencari nafkah; ibu rumah tangga mengurus rumah, atau mungkin juga ikut mencari nafkah; anak-anak belajar di sekolah, dll. Kalau tugas-tugas itu sudah kita kerjakan, kita merasa tugas kita sudah selesai.

Dalam masa Prapaskah ini kita diajak untuk berubah dari sikap hidup yang egoistis dan mengulurkan tangan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. Tuhan bersabda: “Segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukan-nya untuk Aku” (ay.40). Mari kita membuka mata batin kita setiap hari dan melakukan satu-dua perbuatan kasih kepada sesama yang bisa kita jangkau. Itu bisa menjadi bukti cinta kita kepada Yesus yang telah menyelamatkan kita dan membayarnya dengan nyawa-Nya sendiri.

Sr. Marietta, P.Karm

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting