User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Minggu Pekan Biasa XXII, Minggu, 1 September 2019

Hari Minggu Kitab Suci nasional

Sir 3:17-18.20.28-29, Mzm 68:4-7.10-11, Ibr 12:18-19.22-24, Luk 14:1.7-14

Hasil gambar untuk membantu dengan ketulusan hati

Ketulusan Hati

“Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan" (Luk 14:11)

Beberapa pejabat dan tokoh masyarakat dewasa ini menjadi sorotan karena tingkah laku dan perbuatannya. Mereka melakukan korupsi, saling debat, saling menjatuhkan, dll. Tampaknya, mereka menghalalkan segala cara demi kekuasaan dan jabatan.

Dalam Injil diceritakan bahwa tamu-tamu saling berlomba untuk duduk di tempat-tempat kehormatan. Mereka berlomba untuk menjadi yang paling utama, menjadi nomor satu dan terdepan. Mereka ingin mendapatkan pujian dan penghormatan di depan banyak orang. Yesus mengetahui motivasi yang tersembunyi di dalam hati mereka ini dan mengingatkan para murid-Nya agar waspada untuk tidak jatuh dalam sikap demikian.

Mungkin, kita sudah pernah jatuh dan bersikap seperti para pejabat dan orang berkuasa itu. Kita memposisikan diri berada di paling depan mungkin dengan harapan terselubung dalam hati supaya terlihat paling suci, paling baik, paling penting, paling terhormat, paling berkuasa, dll. di antara yang lainnya. Kita diajak untuk mengingat kembali akan pentingnya menjaga ketulusan hati. Kita sedang ditempa, diubah agar semakin berguna dan bermanfaat. Tanpa Kristus kita tidak ada artinya. Menjadi pengikut Kristus yang setia dimulai dari kerendahan hati dan ketulusan. Selebihnya Tuhan sendiri yang akan memimpin dan menempatkan kita sesuai tugas yang diberikan-Nya kepada kita.

Rm. Marsinus, CSE

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting