User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pekan Biasa I, Sabtu, 13 Januari 2018

1Sam 9:1-4,17-19;10:1a; Mzm 21:2-3,4-5,6-7: Mrk 2:13-17

Pendosa Menjadi Pewarta 

“…”Ikutilah Aku!” Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia.”(Mrk 2:14)

        Injil hari ini menampilkan Lewi, si pemungut cukai atau tukang pajak yang dipanggil Yesus. Para pemungut cukai biasanya dibenci oleh orang-orang Yahudi. Mengapa? Karena mereka itu suka memeras orang untuk memperkaya diri sendiri, mereka juga dianggap sebagai kolaborator dengan penjajah Romawi. Namun, Yesus memanggil Lewi, si pendosa itu, yang dianggap sebagai sampah masyarakat dan bahkan kemudian makan dan minum di rumahnya. Dengan itu, Yesus mau menyatakan bahwa Dia datang ke dunia bukan untuk menghakimi , melainkan untuk menyelamatkan. Dia mengundang semua orang berdosa untuk datang kepada-Nya  dan bertobat sehingga mereka diselamatkan. Namun sayang, tidak semua orang  mau datang kepada-Nya dengan mengakui dosa-dosa mereka. Ada yang menolak datang kepada Yesus karena kesombongan; ada yang tidak mau datang karena kelekatan akan dosa-dosanya dan tidak rela melepaskan dosa-dosa itu. Siapa yang mau  datang kepada Yesus dengan rendah hati akan diubah dan diperbarui oleh-Nya. Sesungguhnya,  di hadapan Allah, kita semua adalah pendosa: “Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita” (1Yoh 1:8)

        Karena datang kepada Yesus dan karena melakukan pertobatan, Lewi telah diubah menjadi Santo Matius, Pendosa Agustinus menjadi Santo Agustinus, dan demikian pula Saulus menjadi Santo Paulus Rasul, serta yang lainnya.

        Kita semua adalah orang berdosa tetapi bila kita menyadari kedosaan kita dan mau datang kepada Yesus untuk bertobat dan memohon kerahiman-Nya, setia mencintai-Nya serta mau menjadi saksi bagi-Nya, niscaya  kita juga akan menjadi seperti orang-orang kudus-Nya. Sungguh, bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

Fr. Paschalis, CSE

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting