User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pekan Biasa I, Jumat, 12 Januari 2018

1 Sam. 8: 4-7, 10-22a; Mzm.89: 16-17, 18-19; Mrk 2: 1-12.

Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah ia kepada orang lumpuh itu: “ Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni !”( Mrk 2:6 )

        Sebuah kisah menarik tentang orang yang walaupun ada halangan sulit, nekad membawa seorang yang lumpuh untuk disembuhkann oleh Yesus.  Dikisahkan dalam Injil  Yesus kembali ke Kapernaum , banyak orang berkumpul di depan pintu rumah  seseorang yang dikunjungi rumahnya oleh Yesus. Yesus menerima setiap orang  dan mulai berbicara dan mengajar mereka tentang Allah. Tiba –tiba seorang lumpuh diturunkan dari atap rumah oleh ke 4 temannya dan  diletakkan di hadapan Yesus.

Karena solidaritas dan kenekadan teman-temannya si lumpuh  mendapatkan pengampunan. Ini juga menunjukkan cinta dan iman mereka yang berpengharapan kepada Yesus ,  sehingga di jawab oleh Yesus dengan menyembuhkan orang lumpuh itu. Kisah ini  membuka  pikiran kita  bahwa Yesus membebaskan manusia dari sakit dan dosa, karena itu Yesus juga mengatakan kepada orang lumpuh dosamu sudah diampuni. 

        Mungkin pada saat itu  orang –orang di sekitarnya  yang mendengar perkataan Yesus  dosamu sudah diampuni beranggapan kelumpuhan adalah suatu hukuman  dari Allah karena dosa yang dilakukannya.  Para ahli Taurat  mengajarkan bahwa orang yang  sakit dan kotor  itu tidak dapat mendekat pada Allah, karenanya para orang  sakit, orang lumpuh dan miskin pada masa itu  merasa di tolak oleh Allah. Tetapi  kenyataannya Yesus tidak bersikap demikian , Dia justru menyembuhkan dan mengampuni dosa orang lumpuh itu. Mukjizat kesembuhan dari si lumpuh ini juga menyingkapkan kembali wajah Allah yang Maharahim dan Mahakuasa. Dan ini berbeda dengan wajah Allah yang  kejam yang ditunjukkan oleh sikap para ahli Taurat. Bagaimana  dengan sikap –sikap kita terhadap sesama yang sakit dan menderita, wajah Allah yang mana yang kita tunjukkan pada mereka?

Sr. Katarina, P.Karm

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting