User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Minggu Biasa Pekan I, Kamis, 11 Januari 2018

1 Sam. 4: 1-11,19-20 ; Mzm.44: 10-11, 14-15, 24-25; Mrk 1: 40-45.

Maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, lalu ia mengulurkan tanganNya, menjamah orang itu dan berkata kepadaNya. “ Aku mau jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga  lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. (Mrk 1:41-42)

        Dalam Injil hari ini diceritakan seorang kusta mendekat  kepada Yesus . Orang kusta adalah orang yang dikucilkan karena dianggap kotor.  Setiap orang yang menyentuh dia  akan menjadi tertular. Dia seharusnya pergi di tempat jauh dari orang. Tetapi orang kusta ini memiliki keberanian yang besar. Dia melanggar peraturan agama  supaya dapat mendekat kepada Yesus. Dia berteriak kepada Yesus, “Kalau Engkau mau , Engkau dapat mentahirkan aku . Engkau tidak perlu menyentuhku”.

        Dari sini kita dapat meyingkapkan 2 hal yaitu : betapa menyedihkan orang  kusta itu, karena membuat orang jadi kotor  dan dia dihukum oleh masyarakat dan agama karena itu dikucilkan.

        Yesus tergerak hatinya dan dia menyembuhkan kedua hal negatif dari orang kusta di atas. Juga hal lain adalah menyingkapkan iman yang besar dari si kusta di dalam kuasa Yesus. Yesus telah menyingkapkan wajah Allah dengan menerima dan menyembuhkan orang kusta . Jadi dalam kerajaan Allah tidak ada orang yang dikucilkan.  Yesus juga bukan hanya menyembuhkan  tetapi menginginkan orang tersebut  dapat kembali hidup bersama orang lain.

 Sr. Katarina, P.Karm

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting