Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Dalam rangka memperingati 50 tahun pembukaan Konsili Vatikan II, Konferensi para Uskup Perancis menyelenggarakan pertemuan di Lourdes pada tanggal 24-25 Maret dengan tema: “Sukacita dan Harapan”. Secara keseluruhan ada lebih dari 2500 orang awam, biarawan/wati dan imam dari seluruh penjuru Perancis yang ambil bagian dalam acara ini. Berikut ini adalah terjemahan dari Pesan Video oleh Paus Benediktus XVI yang disampaikan dalam bahasa Perancis dan disiarkan dalam pembukaan acara ini.

 

Saudara-saudari terkasih di Perancis,

Saya sungguh senang dapat menyampaikan salam hangat saya kepada kalian semua yang telah datang ke Lourdes dalam jumlah besar sebagai tanggapan atas undangan para uskup kalian untuk merayakan pembukaan Konsili Vatikan II. Melalui doa-doa dan hati saya, saya hendak menggabungkan diri saya dengan pengungkapan terbuka iman kalian di Grotto di Massabielle. Konsili Vatikan II dulu dan sekarang tetap menjadi suatu tanda Allah yang otentik bagi zaman kita. Jika kita dapat menafsirkan dan menerimannya dalam konteks Tradisi Gereja dan dibawah bimbingan Magisterium yang dapat diandalkan, maka Konsili akan semakin menjadi kekuatan bagi Gereja di masa depan. Maka saya sangat berharap bahwa peringatan ini akan menjadi suatu kesempatan pembaruan rohani dan pastoral, bagi kalian semua dan bagi seluruh Gereja di Perancis. Sungguh, kita hendaknya menjadi lebih akrab dengan teks-teks yang diwariskan oleh para Bapa Konsili kepada kita sebagai harta warisan- yang sama sekali tidak hilang nilainya- agar kita dapat menghayatinya sehingga berbuah pada zaman kita ini. Pembaruan ini, yang harus berlangsung dalam kesinambungan, mengambil banyak bentuk yang berbeda. Lebih jauh lagi, Tahun Iman yang saya tetapkan bagi seluruh Gereja dalam kesempatan ini harus memampukan kita untuk membuat iman kita menjadi lebih sadar dan menghidupkan kembali kesetiaan kita kepada Injil. Hal ini menuntut suatu keterbukaan yang lebih besar kepada Kristus, dan secara khusus, menuntut kita untuk menemukan kembali selera akan Sabda Allah, untuk mencapai suatu pertobatan batin yang mendalam dan untuk berjalan di jalan-jalan bebas hambatan dunia ini untuk mewartakan Injil pengharapan kepada pria dan wanita zaman kita, dalam dialog yang saling menghormati dengan semua orang. Semua saat rahmat ini juga memperkenankan kita untuk memperkuat persekutuan kita dengan keluarga besar yaitu Gereja Katolik dan untuk berkontribusi dalam memulihkan kesatuan diantara semua orang Kristen, yang merupakan salah satu tujuan utama Konsili.

Pembaruan Gereja juga berlangsung melalui kesaksian yang lahir dari kehidupan orang-orang Kristen sendiri sehingga Sabda Kebenaran yang ditanamkan Tuhan dalam diri kita dapat bersinar. Para sahabat terkasih, dengan menjadi saksi-saksi iman seperti Santa Bernadette, visionaris yang rendah hati dari Lourdes, atau Pauline Jaricot, yang mengilhami suatu gairah misionaris baru dalam Gereja dan banyak lagi tokoh yang dihasilkan oleh tanah Perancis, kamu akan semakin bertumbuh dalam pengetahuan akan Kristus. Melalui pelayanan mereka kepada Allah dan saudara-saudara mereka, para pria dan wanita ini menunjukkan jangkauan iman sebagai tindakan personal dan komunal yang juga mencakup tindakan memberi kesaksian secara terbuka dan komitmen yang tidak dapat kita anggap ringan! Santo Joan dari Arc- yang peringatan 600 tahun kematiannya kita rayakan hari ini- hendak membawa Injil ke pusat situasi sejarah dan Gereja yang paling dramatis pada zamannya, merupakan suatu teladan yang gemilang.

Menemukan kembali sukacita menjadi percaya dan antusiasme dalam mewartakan kekuatan dan keindahan iman merupakan poros yang mendasar dalam Evangelisasi Baru yang kepada hal inilah seluruh Gereja diajak untuk memasukinya. Semua kamu dapat tanpa gentar menuntun para pria dan wanita di negaramu kepada persahabatan dengan Kristus! Saudara-saudari terkasih, semoga Perawan yang tak bernoda, Bunda Kita dari Lourdes, yang memainkan peran penting dalam misteri keselamatan, juga menjadi terang dan jalan yang menuntun kamu kepada Kristus, semoga ia menuntun kamu bertumbuh dalam iman. Dengan hangat dan penuh kasih saya menyampaikan Berkat Apostolik kepada kalian semua, para uskup dan umat beriman, peziarah di Lourdes, dan kepada kalian semua, saudara-saudari di Perancis yang bergabung dengan kami melalui radio atau televisi. (©L'Osservatore Romano - 28 March 2012)

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting