User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Article Index

KELUARGA NASARETH TELADAN SEMUA KELUARGA KRISTIANI

Nasareth adalah sebuah tempat di Palestina, di mana hidup keluarga kudus: Yesus, Maria, dan Yosef. Keluarga kudus ini menjalani hidup yang sangat sederhana, di sebuah desa kecil. Mereka hidup sebagai keluarga yang menghayati cintakasih, kerendahan hati, dan kesederhanaan.

Yesus yang paling muda menjadi pusat hidup keluarga kudus ini, sedangkan Maria dan Yosef sebagai orangtua dengan penuh kasih sayang menjaga, memelihara, mendidik, dan membesarkan Yesus. Dalam asuhan kedua orangtuanya Yesus semakin bertambah besar, bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia (Luk 2:52).

Dalam keluarga kudus Nasareth inilah Maria dan Yosefmemasuki sekolah kesempurnaan. Maria dan Yosef belajar untuk berdoa dan mendengarkan Sabda-Nya melalui Yesus yang menjadi pusat hidup mereka. Yesus juga menerima didikan dari kedua orangtuanya yang saleh.Maria dan Yosef menjadi model orangtua yang mengajarkan kehidupan yang saleh melalui praktik hidup iman dan keagamaan mereka (Luk 2:41-52).

Selama hidup mereka di Nasareth, Maria dan Yosef belajar dari pengajaran Yesus sendiri. Mereka mendengarkan, melihat, merasakan, merenungkan, dan mengkontemplasikan kehadiran-Nya yang seringkali penuh misteri. Mereka hidup dalam iman, harapan, dan kasih, hidup dalam persatuan yang mesra dengan Yesus. Banyak hal yang tak dapat dimengerti oleh Maria dan Yosef dalam kehidupan bersama Yesus: sejak proses kehadiran-Nya dalam rahim Maria, sampai wafat-Nya di kayu salib. Namun, Maria dan Yosef adalah tokoh-tokoh iman yang percaya sepenuhnya kepada Allah. Karya keselamatan Allah hadir di dunia ini melalui Keluarga Kudus Nasareth.

DOA KEPADA KELUARGA KUDUS NASARETH

Bapa surgawi, Engkau memberi kami model kehidupan Keluarga Kudus Nasareth.

Tolonglah kami O Bapa Maha Kasih, untuk membuat keluarga kami menjadi Nasareth yang lain, di mana cinta, damai, dan sukacita meraja setiap hari.

Semoga keluarga kami menjadi orang-orang pendoa secara mendalam serta terus bersumberkan Ekaristi dan bergetar dengan sukacita.

Tolonglah kami untuk tinggal bersama baik dalam suka maupun dalam derita melalui doa keluarga. Ajarlah kami untuk melihat Yesus dalam anggota keluarga kami, khususnya dalam penyamaran-Nya yang menyedihkan.

Semoga Hati Ekaristi Yesus membuat hati kami lembut dan rendah hati seperti Dia.

Tolonglah kami untuk menjalankan tugas-tugas keluarga kami dengan cara yang suci.

Semoga kami mencintai satu sama lain seperti Engkau mengampuni dosa-dosa kami.

Tolonglah kami, O Bapa Pengasih, untuk menerima apa saja yang Engkau minta dengan senyum lebar.

Hati Maria yang tak bernoda, sumber sukacita kami, doakanlah kami. Santo Yosef, doakanlah kami. Malaikat Pelindung yang suci sertailah kami selalu, bimbinglah dan lindungilah kami. Amin.

(Beata Teresa dari Kalkuta)

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting