Print
Hits: 707
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Image result for Santo nabi elisa

Santo Nabi Elisa

Pada lambang Ordo Karmel ada gambar gantang tiga bintang yang merujuk kepada Santa Perawan Maria, Nabi Elia dan Nabi Elisa. Maria dan Elia Raja sudah sering diseminarkan pada hari studi Karmel oleh Ordo. Di bawah ini adalah pembekalan yang diberikan Rm Poespo O.Carm, delegatus komunitas Karmelit Awam Flos Carmeli, Ordo III Karmel-KAJ. Elisa adalah tokoh penting yang perlu dikenal. Bacaan dari Perjanjian Lama 1 Raja 19: 19-21 dan 2 Raja 2: 1-15.

Elisa dipanggil menggantikan Elia) Elia melemparkan jubahnya yang berfungsi simbolis. Ia dipanggil untuk menggantikan Elia. Lalu ia mengikuti Elia dan meninggalkan cara hidup lamanya sebagai orang yang membajak tanah lembu. Bahkan ia memiliki 12 lembu.

Elisa mengikuti kemana pun Elia pergi, ke Betel, Yerikho, Yordan, meski pun dia mengetahui bahwa Elia akan terangkat naik ke surga Jubah Elia dipakai untuk membelah sungai Yordan, sehingga mereka berdua bisa menyeberang di tanah kering. Elisa disuruh meminta sesuatu pada Elia. Lalu ia meminta dua bagian dari rohnya. Artinya kekuatan Allah yang tadinya dimiliki oleh Elia, lalu juga bisa dimiliki Elisa sebagai tanda penggan-tinya. Ada kereta berapi dengan kuda berapi yang memisahkan keduanya. Dan Elia naik ke surga dalam angin badai. Seruan Elisa berarti bahwa Elia lebih berharga dari pada segala kuda keretanya.

Persamaan antara Elia dan Elisa

a) Elisa kembali ke gunung Karmel, untuk bertapa dan bergaul dengan Tuhan seperti Elia? Ia juga turun gunung yang nampak dalam beberapa peristiwa sbb:- Elisa membuat mujizat bahwa minyak seorang janda takkan menjadi habis, seperti yang dibuat nabi Elia dengan janda di Sarfat! - Elisa menghidupkan anak pe-rempuan Sunem seperti Elia dengan anak janda Sarfat. - Mujizat lain: menyehatkan air di Yerikho dengan mencampurkan garam, sehingga tak ada yang keguguran lagi. - Mujizat yang terkenal ialah Elisa menyembuhkan Naaman dari kustanya dengan mandi di sungai Yordan.

b) Ia mengurapi Yehu menjadi raja

c) Akhirnya Elisa mati dan dikubur, tetapi tulang-tulangnya menghidupkan orang-orang(2 Raja 13: 20-21)

Elisa dan Spiritualitas KarmelElisa tidak banyak disebut-sebut seperti Maria dan Elia.Pasti dia memiliki semangat Elia seperti yang pernah ia minta. Elisa adalah penerus Elia, Inspirator Karmel bersama-sama murid Elia yang lain dan para pertapa yang melahirkan Ordo Karmel. Kapitel (pertemuan) Ordo Karmel 1399 memutuskan merayakannya dalam liturgi Kotbah St. Ambrosius (334-397) mengenai Elisa.

Apa jasa Elisa? Ia terpuji,karena mempunyai lebih banyak dari pada yang dimiliki Elia. Ia seperti serakah minta roh Elia, tapi nyatanya tidak.Sebab dia layak dan pantas menerimanya. Dalam jasa-jasanya Elisa menunjukkan hasil yang dicapainya, melebihi kemampuan dari sebelumnya. Di Yerikho, dia menyehatkan air dengan garam, oleh Ambrosius memperlihatkan gambaran Gereja yang mampu melahirkan anak-anak bagi Allah berkat Kristus dengan air permandian. (Tomas S)