User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Santo Sturmius, Abbas

Sturmius lahir pada tahun 715 di Bavaria. Ia dididik oleh St. Wigbert di Biara Fritzlar di bawah bimbingan St. Bonifasius. Kemudian ia menjadi seorang Imam dan menjadi misionaris di Westphalia selama tiga tahun. Kemudian ia menjadi seorang pertapa di Hersfeld, dimana ia mencoba mendirikan sebuah biara pada tahun 742, tetapi ia harus melarikan diri dari kejaran perampok Saxon.

Ia lemudian mendirikan biara di Fulda pada tahun 744, dan menjadi abbot pertamanya. Ia juga merupakan orang Jerman pertama yang menjadi seorang Benediktin dan menerapkan aturan Benediktin pada rumahnya.

Ia kemudian terlibat pertengkarang dengan Uskup St. Lullus dari Mainz mengenai yurisdiksi biaranya. Pada tahun 763, Sturmius di asingkan oleh Raja Pepin, tetapi hal ini mendapat perlawanan dari para biarawan, sehingga Raja Pepin memanggilnya kembali setelah dua tahun dalam pengasingan.

Kisah lain mengatakan ia ikut berperang besama B. Karolus Agung. Sturmius meninggal pada tahun 779 di Fulda. Sturmius dikanonisasi pada tahun 1139 oleh Paus Innocentius II.

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting