User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

 

Vatikan, 6 Sep 2009 (VIS)- Hari Minggu tanggal 6 September Paus berangkat dari Castelgandolfo ke Viterbo dengan menggunakan helikopter dimana ia akan memimpin Misa di Valle Faul di hadapan 10.000 orang. Sebelum tiba di Valle Faul, Paus berhenti sebentar di Piazza San Lorenzo untuk memberkati pintu Katedral yang baru, yang dikerjakan oleh pemahat Italia Roberto Ioppolo. Kemudian ia mengunjungi Palazzo dei Papi tempat diadakan Konklaf yang memilih Paus Gregorius X di tahun 1271.

 

Dalam homilinya Paus menjelaskan bagian Injil Markus dimana Yesus menyembuhkan seorang tuli. “Dalam tanda ini, kita melihat keinginan yang besar dalam diri Yesus untuk mengatasi kesepian dan keterasingan manusia yang merupakan hasil dari egoismenya, dan Yesus ingin membangkitkan ‘kemanusiaan baru’, kemanusiaan yang mendengarkan, kemanusiaan dari kata, dialog, komunikasi, persekutuan. Suatu kemanusiaan yang ‘baik’…..tanpa diskriminasi atau sekat pemisah…..agar dunia dapat menjadi ‘tempat persaudaraan sejati’ bagi semua orang”.

 

Paus juga membahas sejumlah karya Gereja di Viterbo, Benediktus XVI menyebutkan salah satu prioritas pastoral yang khusus: “pendidikan iman, sebagai suatu pencarian, sebagai inisiasi Kristen, sebagai hidup dalam Kristus….pengalaman ini melibatkan paroki-paroki, keluarga-keluarga, dan berbagai asosiasi. Katekis dan semua pendidik lain dipanggil untuk menunjukkan komitmen dan membuat kontribusi mereka bagi sekolah-sekolah…dan secara khusus bagi sekolah-sekolah Katolik.” Dalam konteks ini ia mengundang umat beriman untuk mengikuti teladan dari ‘para perintis pendidikan dalam iman’ seperti St. Rosa Venerini (1656-1728) “peletak dasar sejati bagi persekolahan anak perempuan di Italia” dan St. Lucia Filippini (1672-1732) yang, dengan bantuan Venerabilis Kardinal Marco Antonio Barbarigo (1640-1760) mendirikan “Pious Matrons”.

 

Selanjutnya Paus mengatakan “Selain pendidikan juga adalah kesaksian iman. Iman, tulis St. Paulus, menjadi efektif melalui kasih. Dari sudut pandang ini aktifitas cinta kasih Gerejani mengambil bentuk: inisiatif dan tindakan-tindakannya adalah tanda dari iman dan cinta kepada Allah yang adalah cinta.” Dalam konteks ini Bapa Suci memperhatikan bagaimana di Viterbo “karya sosial bermekaran dan harus ditingkatkan, baik secara pribadi maupun dalam asosiasi-asosiasi”. Paus kemudian menambahkan bahwa “amal kasih memiliki kekuatan yang mengarahkan dan bersifat mendidik”.

 

Akhirnya Paus menyebutkan aspek lain dari kegiatan sosial di keuskupan Viterbo: “kesadaran akan tanda-tanda Allah…Mendengarkan Sabda-Nya dan mengenali tanda-tanda-Nya adalah suatu keharusan”, ia mengatakan “hal ini harus menjadi perhatian semua orang Kristen dan setiap komunitas. Dan tanda Allah yang paling langsung adalah perhatian kepada sesama.”

 

“Seperti dikatakan oleh Konsili Vatikan II, setiap orang Kristen harus berdiri di hadapan dunia sebagai saksi kebangkitan dan hidup Tuhan Yesus dan menjadi tanda dari Allah yang hidup. Hal ini berlaku pertama-tama bagi para Imam yang dipilih seluruhnya bagi Kristus sendiri. Sepanjang tahun ini para Imam harus berdoa secara lebih tekun bagi para Imam dan Seminaris…agar mereka dapat setia kepada panggilannya! Begitu juga semua biarawan dan biarawati serta semua umat terbaptis harus menjadi tanda dari Allah yang hidup.”

 

Berbicara kepada kaum awam, kaum muda dan keluarga, Bapa Suci mengatakan “jangan takut untuk menghayati dan membawa kesaksian iman ke berbagai bidang masyarakat, dalam berbagai situasi dimana manusia berada”

 

Paus menyimpulkan “Periode sejarah datang dan pergi, situasi sosial berubah, tetapi panggilan Kristen untuk menghayati Injil dalam kebersamaan dengan keluarga umat manusia tidak pergi atau berubah sesuai zaman. Ini adalah komitmen sosial, inilah pelayanan yang cocok bagi kegiatan politik, inilah pengembangan manusia yang menyeluruh.”

 

PV-ITALY/MASS/VITERBOVIS 090907 (630)

(©L'Osservatore Romano - 6 September 2009)

Diterjemahkan oleh: Daniel Pane

 

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting